Rapat Kerja/ Brainstorming Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomin (kegiatan 2017)

Terselenggaranya rapat kerja Sekretariat lanjutan guna membahas dan menjawab tantangan kualitas layanan Sekretariat terhadap kelancaran dan kualitas kinerja Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada tanggal 3 Maret 2017. Pelaksanaan rapat ini dipimpin oleh Bapak Sesmenko Bidang Perekonomian, dan dihadiri oleh warga Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta hadir juga Staf Ahli Bidang Hubungan Ekonomi dan Polhukam.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemaparan dari masing-masing Biro terkait perencanaan dan kinerja  yang akan dilaksanakan pada Tahun 2017 beserta rencana kerja di Tahun 2018. Poin-poin rapat yang dapat disarikan sebagai berikut:

  1. Arahan dari Sesmenko bahwa perlu mengutamakan tiga hal yang harus dikawal untuk meningkatkan kualitas layanan Sekretariat yaitu fasiltas kerja, kesejahteraan pegawai dan subtansi (manajemen kinerja dengan pengelolaan anggaran yang efektif dan efisien).
  2. Adapun paparan unit Biro Umum mengerucut pada layanan untuk memenuhi dan meningkatkan kualitas dari fasilitas kantor, fasilitas pengadaan dan kompetensi SDM, fasilitas keuangan dan fasilitas kesehatan.
  3. Unit Biro HPH berupaya untuk meningkatkan kualitas dari layanan persidangan, layanan kehumasan, layanan hukum dan layanan penyiapan naskah menteri melalui kerjasama dengan Unit Biro Perencanaan terkait Anggaran dan Sistem Informasi dan Unit Biro Umum terkait ketersediaan fasilitas penunjang kinerja Biro HPH mulai dari fisik sampai jasa layanan umum.
  4. Pada Unit Biro Perencanaan sudah melakukan berbagai proses untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya jangka pendek, seperti menyelaraskan alokasi anggaran sejalan dengan kebutuhan tahun 2017 dan menyiapkan alokasi untuk Kebutuhan Mendadak Penugasan Presiden/Menko serta Re-Design Website ekon.go.id dan peningkatan kecepatan Internet. Dalam jangka panjang penataan organisasi dan tata laksana, reformasi birokrasi serta manajemen kinerja (sistem akuntabilitas kinerja Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian) memerlukan proses penyempurnaan yang sinergi dan terintegrasi di Lingkungan internal Kemenko Perekonomian sendiri dan juga sinergitas antara Kemenko Perekonomian dengan Kementerian yang menjadi fasilitator dalam mengawal hal dimaksud (seperti Kementerian PANRB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Info

© 2022 Reformasi Birokrasi Ekonnomi