Penyusunan Road Map Pengembangan Aparatur Sipil Negara (ASN) / Human Capital Development Program (kegiatan 2016)

Manajemen sumber daya manusia tak luput dari suatu proses yang utuh mulai dari perencanaan, perekrutan, pengembangan, penempatan, pengendalian dan evaluasi. Penyusunan perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian terpenting dalam rangka penterjemahan suatu langkah untuk memudahkan pencapaian tujuan organisasi. Dalam perkembangan teori modern pengembangan SDM suatu organisasi, menempatkan SDM sebagai aset organisasi sehingga mengutamakan pengembangan kompetensi dan pola karir dari SDM-nya sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Pada tahun 2016 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah menyusun Human Capital Development Plan (HCDP) Tahun 2017-2021 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan tagline “Mewujudkan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia Melalui Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia.” Hal ini merupakan bagian dari peta jalan (road map) pengembangan aparatur sipil negara. Adapun manfaat HCDP yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai bagian dari Rencana Strategik Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang mencakup pengembangan dan pelatihan;
  2. Dipergunakan sebagai panduan dalam membangun kegiatan-kegiatan pelatihan dan pengembangan berbasis kompetensi;
  3. Memberikan prioritas untuk perencanaan kegiatan serta sumber dayanya pada program Pengembangan Human Capital;

Penyusunan HCDP sendiri dibantu oleh AIPEG melalui hibah konsultan HCDP.

Untuk Dokumen dimaksud bisa ditelusuri di Bagian Sumber Daya Manusia, Kemenko Bidang Perekonomian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Info

© 2022 Reformasi Birokrasi Ekonnomi